(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Monday, June 2, 2008
Sepuluh Cara Meningkatkan Produktifitas Penulis (bagian 1)

Di bawah ini adalah sepuluh cara untuk meningkatkan produktifitas yang ditulis oleh Lee Masterson. Sangat bagus untuk profesi penulis yang tidak memiliki jadwal. Disiplin diri, pengaturan waktu dan kemauan untuk maju menjadi kunci dari produktifitas seortang penulis.

Silakan anda baca hitungan mundur di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

10 – Manajemen waktu

Buat tabel waktu mingguan untuk anda sendiri. Jujurlah dengan menentukan berapa banyak waktu yang dapat anda luangkan untuk menulis tanpa gangguan. Waktu di sini bukanlah waktu yang anda butuhkan untuk melakukan riset atau membaca. Tetapi waktu yang benar-benar anda gunakan untuk menulis. Berpeganglah pada waktu yang telah anda tetapkan sekeras mungkin.

9 – Membaca

Baca apapun juga. Baca lagi buku-buku yang anda sukai, baca buku-buku yang menurut anda sangat buruk, baca bacaan di luar genre yang biasa anda buat. Bahkan baca juga iklan yang berseliweran di sekitar anda. Baca apa saja !!!

8 – Perencanaan

Selalu siapkan ide atau gagasan dasar tentang apa yang akan anda tulis sebelum memulai pekerjaan penulisan. Pikirkan tentang ide dasar ini ketika anda berada di angkot. Ciptakan konflik tambahan ketika anda mandi. Bicarakan skema bab ketika anda makan malam.

Dengan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, ketika anda sudah duduk untuk mulai menulis, anda akan mendapatkan gambaran cerita yang hampir lengkap sesuai kebutuhan cerita.

7 – Deadline

Tetaplah realistis dengan deadline. Meskipun begitu, buatlah waktu yang tegas. Jika anda menulis artikel, mulai atur deadline anda sehari setelah selesai melakukan riset. Jika anda membuat tulisan yang lebih panjang, hati-hati dengan deadline yang telah anda tetapkan, tetapi jangan terlalu bertoleransi terhadap diri anda sendiri atau anda akan menunda-nunda pekerjaan seterusnya.

6 – Tekanan

Tempatkan diri anda sendiri pada tekanan. Tetapkan deadline, lalu beritahukan teman dan saudara anda tentang proyek yang sedang anda kerjakan. Katakan pada mereka ketika rencana anda telah siap. Lalu minta pada mereka untuk membaca hasil kerja anda pada deadline yang telah anda tentukan. Minta mereka untuk menagihnya.

Dengan melakukan langkah di atas berarti anda telah menciptakan tekanan dan tanggungjawab. Itu adalah motivator bagi anda.

5 – Ide

Miliki file atau kertas catatan untuk menuliskan ide yang datang tiba-tiba. Bawa kemanapun anda pergi dan segera tulis apapun yang menarik perhatian anda. Hal-hal kecil apapun selalu tulis. Mungkin hal ini tidak berhubungan dengan apa yang sedang anda tulis, tetapi bisa saja menjadi ide untuk proyek anda selanjutnya.


Ferry Herlambang

Image: http://quatre-gats.com/temp/writeordie_small.jpg

Bersambung......



posted by FerryHZ at 2:59 AM | Permalink |


0 Comments: