(function() { (function(){function b(g){this.t={};this.tick=function(h,m,f){var n=f!=void 0?f:(new Date).getTime();this.t[h]=[n,m];if(f==void 0)try{window.console.timeStamp("CSI/"+h)}catch(q){}};this.getStartTickTime=function(){return this.t.start[0]};this.tick("start",null,g)}var a;if(window.performance)var e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart;var p=e>0?new b(e):new b;window.jstiming={Timer:b,load:p};if(a){var c=a.navigationStart;c>0&&e>=c&&(window.jstiming.srt=e-c)}if(a){var d=window.jstiming.load; c>0&&e>=c&&(d.tick("_wtsrt",void 0,c),d.tick("wtsrt_","_wtsrt",e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&c>0&&(d.tick("_tbnd",void 0,window.chrome.csi().startE),d.tick("tbnd_","_tbnd",c))),a==null&&window.gtbExternal&&(a=window.gtbExternal.pageT()),a==null&&window.external&&(a=window.external.pageT,d&&c>0&&(d.tick("_tbnd",void 0,window.external.startE),d.tick("tbnd_","_tbnd",c))),a&&(window.jstiming.pt=a)}catch(g){}})();window.tickAboveFold=function(b){var a=0;if(b.offsetParent){do a+=b.offsetTop;while(b=b.offsetParent)}b=a;b<=750&&window.jstiming.load.tick("aft")};var k=!1;function l(){k||(k=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",l,!1):window.attachEvent("onscroll",l); })();

Wednesday, May 28, 2008
Blog Entry Orang-Orang Hebat di Angkasa (bagian 2)

Sambungan dari bagian pertama


Oleg K. Antonov (1906-1984), ahli perancang pesawat transport Rusia ini mengawali rancangannya dengan An-2 Colt, transport bi-plane bermesin tunggal dengan kemampuan gliding. 20.000 jenis ini diproduksinya sejak 1945. TNI AU pada era 60-an pernah memiliki hasil karyanya, yaitu An-12 Cub, pesaing Hercules asal Rusia. Pada tahun 1977, Antonov mendisain sebuah pesawat transpor terbesar di dunia, An-124 Ruslan.

Ramli Sumardi, karena kepeduliaan Ramli lah, hingga hari ini, pecinta pesawat Indonesia masih bisa menyaksikan pesawat-pesawat yang pernah ada di tanah air. Sebuah museum hidup pesawat terbang bernama Amerta Dirgantara Mandala, didirikan marsekal muda purnawirawan ini di komplek Lanud Kalijati. Koleksi museumnya hingga saat ini, Piper Cub L-4J, Cessna 180, T-6G dan AT-16 Harvard, Grumman Goose, Lockheed 12, Dornier DO-28, Cessna 207, PZL-104 Gelatik. Ramli wafat 23 Januari 1986, setelah Dornier yang dikemudikan jatuh dekat Jatiluhur.

Reginald Joseph Mitchell, tak banyak yang mengenal pria kelahiran Staffordshire, Inggris 20 Mei 1895. Mitchell bergabung dengan pabrik Supermarine pada tahun 1917. Tiga tahun kemudian, menjadi kepala perencanaan di pabrik pesawat Inggris itu. Hasil rancangannya yang paling spektakuler, Supermarine Spitfire, yang dibuatnya tahun 1935. Sayangnya Mitchell tak dapat menikmati kehebatan karyanya, lantaran keburu wafat pada 11 Juni 1937.

Sir Geoffrey de Havilland (1882-1965), perancang pesawat kelahiran Inggris tahun 1882 ini, menjadi kondang setelah bergabung dengan Aircraft Manufacturing Company (Airco) tahun 1914. Hasil karyanya selama PD I adalah D.H 1 dan D.H 2, serta pembom bersayap ganda D.H 4. Setelah PD I, de Havilland mendirikan pabrik pesawat. Rancangannya pesawat-pesawat angkut ringan. Karyanya yang cukup terkenal semasa PD II adalah D.H. 98 Mosquito. Sedangkan Comet 1, yang juga merupakan hasil karyanya, adalah jet penumpang pertama di dunia. Sir Geoffrey wafat pada tahun 1965.

Sir Henry Royce (1863-1933) dan Charles S. Rolls (1877-1910), boleh dibilang, kedua orang ini adalah maestro di bidang permesinan pesawat. Siapa tak kenal mesin legendaris Rolls-Royce Merlin. Charles pernah menyeberang Selat Inggris bolak-balik tahun 1910 dengan pesawat bersayap ganda Wright buatan Perancis.


William Boeing, namanya cukup populer sebagai pendiri pabrik pesawat Boeing, gurita industri penerbangan baik sipil maupun militer. Lahir di Detroit, Michigan, Amerika pada 1 Oktober 1881. Setelah lulus dari Yale University, Boeing mendirikan sebuah industri pesawat dibantu Glenn Martin, 1916, dan memimpin sampai tahun 1934, sebelum akhirnya pindah ke bidang usaha lain. Rancangan pertamanya sebuah seaplane B&W yang terbang pada tahun itu juga. Produk Boeing yang cukup spektakuler pada PD II adalah B-29 Superfortress, pembom strategis pertama didunia. Sementera Jumbo B-747, pesawat penumpang terpopuler yang lahir pada akhir era 60-an. William wafat pada tahun 1956, setelah melihat perusahaannya memasuki era jet.


Wiweko Soepono, bejibun predikat disandangnya. Bapak two man cockpit Airbus, orang pertama terbang solo menyeberangi Samudera Pasifik menggunakan Beechcraft H-18, bapak aeromodeling, hingga pemegang 10 pilot license. Dari heli Hiller 360 sampai Airbus A300. Ketika memimpin Garuda, Wiweko menjadikan flag carrier itu kedua terbesar di belahan bumi Selatan, setelah Japan Air Lines, dengan 79 armada jet. Marsekal muda purnawirawan kelahiran Blitar, 76 tahun lalu, membangun pesawat layang NWG jenis Zogling bersama Nurtanio. Puncak kreativitasnya tentu ketika membuat pesawat RI-X WEL (Wiweko Experimental Light-plane) bermesin sepeda motor Harley Davidson 750 cc, tahun 1948.


Willy Messerschmitt (1898-1985), merupakan salah satu perancang pesawat termashur asal Jerman. Pertama kali mendisain pesawat tahun 1921, itupun berupa glider. Tapi tak disangka, empat belas tahun kemudian Willy berhasil menciptakan Bf-109, pemburu Jerman paling legendaris. Belum lagi pemburu bermesin ganda Bf-110 atau si "kilat dari surga" (lightning from heaven) Me 262, pemburu bermesin jet.

Wernher Von Braun, Dr (1912-1977), pelopor peroketan Jerman. Dibawah pengawasannyalah program V-2 (A-4) diwujudkan. Ditandai dengan keberhasilan peluncuran perdana roket balistik pertama didunia itu pada tanggal 3 Oktober 1942. Setelah PD II berakhir, Braun 'diboyong' ke Amerika dan mengembangkan ilmu luar angkasa di negeri Paman Sam itu yang mengantarkan AS ke Bulan dengan roket Saturn V.

Yum Soemarsono (1916-1999), sebenarnya Indonesia kaya dengan "orang aneh". Ada yang jatuh hingga 13 kali, contohnya. Yum, semisal lagi, dikenal sebagai satu-satunya penerbang helikopter bertangan satu. Lengan kirinya ditebas rotor heli buatannya sendiri. Namun yang mestinya harus dilebihkan, dialah Bapak Helikopter Indonesia. Dia desain dan terbangkan sendiri empat helikopter dari tahun 1948-1964. Heli pertama bermesin BMW diberinya nama RI-H. Tapi dihancurkan P-40 Kittyhawk Belanda. Lalu dibuatnya lagi heli YSH (Yum, Soeharto, Hatmodjo) tahun 1950. Heli ketiga yang dibuatnya tahun 1953 dijuluki Soemarkopter. Anak desa kelahiran Soko, Purworejo, 10 April 1916 ini, akhirnya membuat heli keempat dan dijuluki Bung Karno, Kepik. Di hari uji coba, 22 Maret 1964, lengan kiri Yum disambar rotor. Walau berlengan satu, "keajaiban" Yum tak pudar. Dibuatnyalah throttle collective devise (TCD) untuk tangan kirinya agar bisa menerbangkan heli Bell 47G da 47J2A. Dengan TCD, Yum seperti menyatu dengan Bell 47J2 bekas TNI AL yang direnovasinya. Helikopter ini dinamainya Si Walet. Alat ciptaannya inilah yang membuat decak kagum pecinta helikopter Perancis, ketika didemonstrasikannya pada Bell 47G tahun 1990 lalu. Yum yang pantas disejajarkan dengan Igor Sikorsky, wafat tanggal 5 Maret 1999.

Alexander Yakovlev (1906-sekarang), boleh jadi merupakan desainer pesawat paling senior yang masih ada. Pertama terlibat dalam dunia penerbangan pada tahun 1923, saat membuat pesawat glider. Pesawat bermesin pertama dibuatnya tahun 1927 dengan nama AIR-1. Sejak saat itu Yak banyak berkiprah dalam pembuatan pesawat latih dan olah-raga. Namanya mencuat setelah Ia menciptakan pesawat pemburu Yak-1. Sebanyak 37.000 lawan dari Me 109 ini pernah dibuat selama PD II. Saat ini rancangannya lebih identik dengan pesawat berkemampuan terbang V/STOL. Sebut saja Yak-38 Forger atau yang terakhir adalah Yak 141 Freestyle.

Artyom Ivanovich Mikoyan (1905-1970) dan Mikhail Iosifovich Guryevich(1892-1976), dua orang yang disebut sebagai legenda Rusia. Mikoyan yang anak seorang tukang kayu ini, pertama kali ikut mendesain pesawat pada jenis Polikarpov I-153. Keahliannya ditempa berdasarkan pengalaman. Sedangkan Guryevich, boleh dibilang sebagai ahli pemikir, filsafat dan matematika. Pertama kali terlibat dalam dunia penerbangan, ketika dirinya dikirim ke Amerika untuk mempelajari DC-3, pada tahun 1937. Keduanya bertemu saat Biro Desain Eksperimental (OKB) pada tahun 1939. Mikoyan sebagai orang pertama dan Guryevich sebagai orang kedua. Desain pertamanya adalah MiG-1, pemburu untuk ketinggian tinggi. Sejak saat itu rancangan-rancangannya yang spektakulerpun bermunculan, sebut saja MiG-15 sampai MiG-29 (Dinasti MiG). Mikoyan wafat pada tahun 1970 setelah menderita kerusakan pada klep jantungnya.

Marcel Dassault (1892), terlahir bernama Marcel Bloch, putera seorang dokter di Perancis. Sejak umur 13 tahun Ia tertarik dengan permainan dari listrik. Lulus sarjana aeronautik Perancis pada umur 21 tahun, namun Tentara Nazi Jerman keburu masuk. Bloch-pun lebih memilih masuk kamp tawanan Wuchenwald yang terkenal seram ketimbang bekerja sama dengan Luftwaffe. Sejak dalam kamp tawanan itu, Bloch berganti nama menjadi Dassault. Selepas PD II, pertama kali Dassault merancang pesawat adalah generasi Mystere, penempur pertama Perancis yang mampu menembus kecepatan suara. Keajaiban rancangannya muncul saat ia mulai menggarap dinasti Mirage pada tahun 1952. Pada tahun 1986, giliran Serge Dassault, anaknya, naik menjadi pucuk pimpinan Dassault Aviation sampai sekarang.


== TAMAT ==


Sumber, artikel dan image:

http://www.angkasa-online.com/10/04/tokoh/tokoh1.htm

posted by FerryHZ at 12:20 AM | Permalink |


2 Comments: