(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Monday, May 26, 2008
Monster Loch Ness
Makhluk misterius dari jaman purba penghuni danau Ness


Ferry Herlambang


Catatan pertama mengenai monster Loch Ness, atau Nessie, di buat oleh orang Viking pada tahun 565 M. Catatan tersebut menyebutkan bagaimana St. Columba mendengar tentang seorang pria yang terbunuh oleh monster tersebut. Lalu St. Columba bersampan ke tengah danau tersebut dan memerintahkan sang monster untuk tidak menyerang lagi di masa yang akan datang. Sejak sat itu, monster Nessie tidak pernah lagi melakukan penyerangan terhadap manusia. Tetapi di yakini dia masih ada di danau Ness, mengacu pada kesaksian orang-orang yang mengaku pernah melihatnya.

Tahun 1933, tercatat ada 5 penampakan Nessie. Pada bulan Juni 1963, Nessie berhasil di filmkan, tetapi karena jaraknya terlalu jauh, gambar Nessie tidak terlihat dengan jelas. Pada bulan September 1995, Lorna Taylor melihat kepala, leher dan badan Nessie muncul dari danau, tetapi hanya berlangsung sekejap. Penampakan terakhir Nessie terjadi pada 14 September 1999 dan February 2002.

Gambar paling terkenal mengenai makhluk ini di ambil oleh Dr Robert Kenneth Wilson pada tahun 1934. Tetapi pada tahun 2001, teman sang doktor yang bersamanya pada saat pengambilan gambar tersebut mengatakan bahwa gambar tersebut adalah rekayasa dan hanya untuk bergurau. Dr Wilson sendiri tidak pernah bercerita tentang kejadian tersebut sampai dia meninggal tahun 2001.

Dalam hukum perlindungan binatang Scotlandia, Nessie termasuk salah satu yang di lindungi meskipun keberadaannya masih kontroversi sampai saat ini.

Bagi pemerintah Skotlandia, keberadaan Nessie telah menyumbangkan devisa yang sangat besar. Sampai saat ini, legenda tentang Nessie telah menyumbangkan $40 million pertahun bagi industri pariwisata di Skotlandia.

Danau Ness (Loch berarti danau dalam bahasa Skotlandia) adalah danau terbesar di antara tiga danau besar yang terletak di Great Glen Scotlandia bagian utara. Danau ini memiliki panjang 37 km (23 mil) dan lebar mencapai 1,6 km (1 m) dan memiliki kedalaman rata-rata 182 m (600 ft).

Pertanyaan yang sering di lontarkan adalah, seberapa besar ukuran Nessie ? Dari laporang yang tercatat, panjang Nessie kurang lebih 5 meter (16 ft). Dari kepala ke ekor, ukuran Nessie adalah 3 kali panjang buaya di sungai Nil.

Ilustrasi monster Loch Ness




posted by FerryHZ at 9:57 AM | Permalink |


0 Comments: