(function() { (function(){function b(g){this.t={};this.tick=function(h,m,f){var n=void 0!=f?f:(new Date).getTime();this.t[h]=[n,m];if(void 0==f)try{window.console.timeStamp("CSI/"+h)}catch(q){}};this.getStartTickTime=function(){return this.t.start[0]};this.tick("start",null,g)}var a;if(window.performance)var e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart;var p=0=c&&(window.jstiming.srt=e-c)}if(a){var d=window.jstiming.load; 0=c&&(d.tick("_wtsrt",void 0,c),d.tick("wtsrt_","_wtsrt",e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=b&&window.jstiming.load.tick("aft")};var k=!1;function l(){k||(k=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",l,!1):window.attachEvent("onscroll",l); })();

Thursday, October 25, 2007
TAHUKAH ANDA ?
> Novel ;
mempunyai reputasi sebagai hiburan ringan, kadang terkesan membosankan dan asal-asalan. Kesalahan akibat reputasi ini dibebankan pada kata 'novel' itu sendiri. Kata 'novel' berasal dari bahasa Latin 'novus', yang artinya 'baru'. Kemudian diserap menjadi bagian bahasa Inggris untuk menamakan sebuah cerita pendek (dari bahasa Itali), novella. Novella adalah sebuah prosa pendek yang biasanya berupa cerita baru, orisinil, dan sangat kontras dengan versi tradisionalnya.
Cerita di dalam novella memang dimaksudkan untuk menjadi sebuah kesenangan baru bagi para pembacanya. Biasanya sipembaca akan merespon, dan saat ini ada beberapa jenis novel: roman, agen rahasia, western, misteri, detektif, fiksi gotik, fiksi sains, novel sejarah, novel tentang tempat, novel psikologi, novel epistolari (dimana cerita biasanya dikisahkan melalui pertukaran surat), roman clef (membutuhkan sebuah 'kunci', atau informasi tambahan), novel pujaan, novel proletar, dan novel anti-modernisme.


>
Novel pertama ;

Cervantes , Gabriel Garca Mrquez, Rudyard Kipling, Ian Fleming, Alexander Solzhenitsyn, James Mitchener. Semuanya adalah penulis novel terkenal. Dan semuanya adalah pria. Tapi tahukah anda novel yang terkenal di dunia -- dan yang terbaik yang pernah ada pertamakalinya -- ternyata ditulis oleh seorang wanita, yaitu novelis Jepang bernama Murasaki Shikibu pada tahun 1007. Novelnya berjudul "The tale of Genji," bercerita tentang seorang pangeran yang mencari cinta dan kebijaksanaan. Novel ini kemudian di terjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi 54 bab dan lebih dari 1.000 halaman.


> Gutenberg bukanlah penemu mesin cetak yang pertama?

Johannes Gutenberg selalu dianggap sebagai penemu mesin cetak di tahun 1454. Padahal orang Cinalah yang sebenarnya mencetak pada tahun 1040. Gutenberg tidak menyadari metode pencetakan ala orang Cina tersebut.



posted by FerryHZ at 9:40 PM | Permalink |


0 Comments: