(function() { (function(){function b(g){this.t={};this.tick=function(h,m,f){var n=void 0!=f?f:(new Date).getTime();this.t[h]=[n,m];if(void 0==f)try{window.console.timeStamp("CSI/"+h)}catch(q){}};this.getStartTickTime=function(){return this.t.start[0]};this.tick("start",null,g)}var a;if(window.performance)var e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart;var p=0=c&&(window.jstiming.srt=e-c)}if(a){var d=window.jstiming.load; 0=c&&(d.tick("_wtsrt",void 0,c),d.tick("wtsrt_","_wtsrt",e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=b&&window.jstiming.load.tick("aft")};var k=!1;function l(){k||(k=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",l,!1):window.attachEvent("onscroll",l); })();

Wednesday, October 24, 2007
KAKI, DATA dan LEBARAN

Lebaran selalu menjadi hari yang ditunggu-tunggu. Selalu ada kegembiraan di lebaran. Ketupat, baju baru dan persiapan uang saku buat keponakan-keponakan. Selalu menyenangkan.

Tapi musibah bisa datang kapan saja. Bahkan di hari penuh gembira seperti hari raya idul fitri. Dan musibah yang saya alami berawal dari kaki. Bukan kaki siapa-siapa, tapi kakiku sendiri.

Musibah berawal ketika listrik mati tiba-tiba ketika computer lagi on. Lalu menyala lima menit kemudia. Komputer tak nyalakan lagi dan prosedur scan hardisk berjalan seperti biasane kalau computer warm boot. Karena dataku lumayan banyak (130-an Gyga) maka prosesnya lumayan lama. Semenit dua menit terus berjalan bikin hati gak sabar. Menit selanjutnya adalah deraan ketidaksabaran.

Ketika ketidaksabaran mendera, kebiasaan yang muncul adalah menggerakkan badan tak beraturan, menggoyang tubuh kekiri dan kanan. Tangan menggenggam kepala mencoba mendinginkan ketidaksabaran semakin menyiksa.

Lalu tegukan demi tegukan teh melewati kerongkongan, dengan misi yang sama, mendinginkan isi kepala. Tapi ketidaksabaran terus mendera.

Kali ini giliran kaki yang bergoyang. Pelan di awal lalu semakin keras. Ini jadi awal bencana selanjutnya ketika berada goyangan yang paling keras, sang kaki menghantam CPU. Komputer, untuk kedua kalinya tiba-tiba mati. Terjadi ketika proses scanning berjalan pada angka 55%.

Aku coba restart. Harddisk masih di kenali sebagai IDE 0, tapi gagal masuk Windows. Bahkan ke sitem operasi kedua (Win ME) juga gagal. Lemas rasanya badan ini, apalagi di harddisk ada naskah buku yang sudah jadi dan siap kirim. Beruntung lewat DOS aku masih bisa akses drive C dan D. Data juga masih kebaca.

Selanjutnya, harddisk tak coba jadikan slave. Di XP harddisk tak dikenali, justru pakai Win 98 data bisa kebaca. Aku coba selametkan data dengan proses copy. Beberapa berhasil tapi kebanyakan gagal. Lalu pakai Norton Commander by DOS, lumayan masih ada data penting yang selamet.

HD sudah terlalu banyak bad sector. Keputusan beli HD baru mesti di ambil, terpaksa monitor impian di tangguhkan dulu.

Alhamdullillah, mesti kehilangan banyak file naskah buku yang sudah jadi (selamet 160 halaman dari 240 halaman), keadaan mulai normal sekarang. Sedikit perjuangan di indahnya Idul Fitri kali ini.

Akhirnya, selamat Idul Fitri 1428 buat teman-teman semua. Mohon maaf lahir batin. Agak terlambat karena masalah komputer menghalangi saya untuk bekerja.

posted by FerryHZ at 8:02 PM | Permalink |


0 Comments: