(function() { (function(){function b(g){this.t={};this.tick=function(h,m,f){var n=void 0!=f?f:(new Date).getTime();this.t[h]=[n,m];if(void 0==f)try{window.console.timeStamp("CSI/"+h)}catch(q){}};this.getStartTickTime=function(){return this.t.start[0]};this.tick("start",null,g)}var a;if(window.performance)var e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart;var p=0=c&&(window.jstiming.srt=e-c)}if(a){var d=window.jstiming.load; 0=c&&(d.tick("_wtsrt",void 0,c),d.tick("wtsrt_","_wtsrt",e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=b&&window.jstiming.load.tick("aft")};var k=!1;function l(){k||(k=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",l,!1):window.attachEvent("onscroll",l); })();

Friday, June 6, 2008
Tips dan Trik Yahoo dan Google

Selain sebagai alat untuk mencari situs sebenarnya kita juga dapat mendayagunakan mesin pencari untuk berbagai keperluan lain. Beberapa di antaranya malah agak jauh hubungannya dari fungsi pencarian, seperti konversi satuan dan mata uang dan informasi cuaca. Fitur-fitur itu membuat kita tak perlu beranjak dari situs mesin pencari tersebut. Ini agaknya makin mengukuhkan Google sebagai tempat bertanya pertama kali.

Meskipun belum selengkap Google pesaingnya, Yahoo Search, memiliki sebagian fitur yang sama. Khusus untuk ramalan cuaca informasi dari Yahoo malah lebih baik. Karena itu ada baiknya juga kita melirik fitur-fitur pencarian mereka. Apalagi Yahoo merupakan salah satu portal yang cukup populer di Indonesia.

Konversi Mata Uang

Ingin bepergian ke luar negeri dan perlu tahu dengan cepat berapa nilai kurs rupiah terhadap dolar AS (atau mata uang asing lainnya) saat ini? Tanyakan saja pada Google. Mesin pencari tersebut sudah punya konverter mata uang terintegrasi. Misalnya buat mengetahui berapa nilai 1 dolar AS (kode: USD) dalam rupiah (kode: IDR) ketik saja ke dalam kotak pencarian 1 USD in IDR.

Konversi ini dapat dilakukan untuk sebarang nilai mata uang. Misalnya saat ini kita sedang mengantongi uang Rp 150.000,0 dan ingin tahu berapa nilainya dalam yen Jepang. Ketikkan 150000 IDR in JPY.

Sejauh ini pencarian dilakukan dengan mengetikkan kode mata uang. Bagaimana kalau kita tidak tahu? Tidak usah mencari lagi, ketikkan saja langsung nama lengkapnya. Jadi dalam contoh di atas ketikkan 1 US dollar in rupiah.

Untuk melakukan hal yang sama di Yahoo Search ketikkan kata kunci dalam bentuk berikut ini: convert [jumlah] [matauang1] to [matauang2]. Jadi kalau misalnya kita ingin tahu berapa banyak Rp 150.000,00 dalam poundsterling ketikkan saja convert 150000 rupiah to poundsterling. Kalau mau kita juga dapat menggunakan kode mata uang yang bersangkutan.

Harap diingat konversi mata uang ini belum tentu sama dengan yang berlaku di money changer langganan Anda. Gunakan fitur dari mesin pencari ini sebagai ancar-ancar saja.

Konversi Satuan

Mengetahui konversi satuan harusnya jauh lebih mudah dibandingkan konversi mata uang. Paling tidak nilai satuan tidak berubah-ubah tiap hari. Namun pada prakteknya kita masih sering kebingungan bila dihadapkan dengan satuan yang relatif jarang digunakan. Buat orang Indonesia biang keladinya adalah satuan Imperial (Inggris) seperti inci, mil dan kaki, sedangkan buat warga negara lain satuan metrik seperti meter, kilogram dan Celcius malah bikin sakit kepala. Belum lagi satuan-satuan yang eksotik seperti parsec dan erg.

Bila ada komputer masalah konversi ini dengan mudah teratasi. Cara penggunaannya sama persis seperti konversi mata uang. Jadi kalau ingin tahu 1 inci itu berapa sentimeter pada Google ketikkan 1 inch in centimetre. Pada Yahoo ketikkan convert 1 inch to centimetre.


Informasi Cuaca

Ramalan cuaca dapat ditemukan baik pada Google dan Yahoo. Namun buat pemakai Indonesia informasi cuaca dari Yahoo agaknya jauh lebih bermanfaat, karena informasi cuaca buat kota-kota di Indonesia jauh lebih lengkap.

Untuk menampilkan informasi cuaca dari Yahoo ketikkan kata kunci dalam bentuk berikut: [kata kunci], [negara] weather. Jadi untuk mengetahui cuaca di Yogyakarta ketikkan Yogyakarta, Indonesia weather.

Kalkulator

Yang ini mungkin terasa tidak berguna, karena hampir semua komputer sudah dilengkapi dengan aplikasi kalkulator. Namun kalau Anda bersikukuh tetap menggunakan browser, ketikkan saja perhitungan Anda di kotak mesin pencari, baik Google ataupun Yahoo. Gunakan operator +, -, * dan / untuk penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Fungsi-fungsi seperti pemangkatan, akar, logaritma, dan faktorial juga didukung. Baca juga lebih jauh informasi tentang kalkulator Google.

Waktu

Ingin menelepon rekan, teman, keluarga atau pasangan di luar negeri? Cari tahu dulu jam berapa di sana. Tak perlu repot-repot, gunakan saja mesin pencari Google atau Yahoo. Ketikkan kata kunci dalam bentuk time in [kota]. Jadi buat mengetahui waktu di Paris, Perancis saat ini ketikkan time in Paris, France.

Ditulis oleh: Gombang Nan Cengka

http://www.trendigital.com/Website/News.aspx?id=57


posted by FerryHZ at 10:28 PM | Permalink |


0 Comments: