(function() { (function(){function b(g){this.t={};this.tick=function(h,m,f){var n=void 0!=f?f:(new Date).getTime();this.t[h]=[n,m];if(void 0==f)try{window.console.timeStamp("CSI/"+h)}catch(q){}};this.getStartTickTime=function(){return this.t.start[0]};this.tick("start",null,g)}var a;if(window.performance)var e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart;var p=0=c&&(window.jstiming.srt=e-c)}if(a){var d=window.jstiming.load; 0=c&&(d.tick("_wtsrt",void 0,c),d.tick("wtsrt_","_wtsrt",e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=b&&window.jstiming.load.tick("aft")};var k=!1;function l(){k||(k=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",l,!1):window.attachEvent("onscroll",l); })();

Monday, May 12, 2008
Syarat dan Gaji Presiden Amerika Serikat

Ferry Herlambang

Sosok presiden Amerika selalu menarik untuk di cermati. Tahukah anda syarat untuk menjadi seorang presiden Amerika? Atau berapa gaji mereka? Keistimewaan dan fasilitas apa yang di peroleh presiden Amerika? Bagaimana dengan fasilitas pensiun mereka?

Artikel ini akan mengulas tentang hal menarik seputar presiden Amerika.

ATURAN KEPRESIDENAN DAN GAJI

Konstitusi Amerika mengatur, bahwa seorang calon presiden harus warganegara Amerika yang lahir di Amerika, berusia minimal 35 tahun dan bertempat tinggal di Amerika setidaknya selama 14 tahun. Sebagai negara yang berkomitmen dengan demokrasi dan persamaan kesempatan, awalnya konstitusi memberi hak kepada semua pria kulit putih yang bebas untuk mencalonkan dirinya menjadi presiden. Lalu muncul amandemen ke 15 pada tahun 1870 yang mengijinkan semua warga kulit hitam untuk memilih. Di susul oleh keluarnya amandemen ke 19 pada tahun 1920 yang memberi hak kepada wanita untuk menggunakan hak pilihnya.

Konstitusi menyebutkan tentang gaji dan tunjangan seorang presiden, dan kongres mengatur pengeluaran detailnya. Gaji presiden tidak dapat di naikkan atau di kurangi selama mereka menjabat. Seorang presiden juga tidak di ijinkan untuk menerima pembayaran tambahan dari pemerintah federal atau negara bagian. Konstitusi juga melarang seorang presiden atau pejabat pemerintahan untuk menerima pemberian, pembayaran atau jabatan resmi semisal raja atau pangeran dari pemerintaha asing. Semua pemberian dari pemerintahan asing menjadi milik rakyat Amerika.

BESAR GAJI PRESIDEN

Awalnya, gaji presiden Amerika sebesar $25,000, lalu di naikkan dua kali lipat menjadi $50,000 di tahun 1873. Tahun 1907, kongres memberi tambahan sebesar $25,000 per tahun untuk biaya operasional kantor kepresidenan. Tahun 1909 gaji presiden menjadi $75,000 dan naik lagi menjadi $100,000 di tahun 1949. Pada saat yang bersamaan, upah belanja kepresidenan meningkat menjadi $90,000. Tahun 1969 gaji naik menjadi $200,000, dengan $100,000 di alokasikan untuk perjalanan dan $50,000 untuk keperluan yang lain. Tahun 2000, gaji naik menjadi $390,000 di tambah $50,000 untuk belanja.

Karena pengeluaran kepresidenan lebih besar dari budget yang tersedia, pihak pemerintah federal dan departemen tertentu seringkali mengambil alih tanggungjawab beberapa pengeluaran presiden. Sebagai contoh, departemen pertahanan membayar biaya band militer yang berfungsi sebagai band seremonial dalam upacara kenegaraan di gedung putih.

Kebanyakan presiden Amerika di masa lalu tidak mendapatkan pensiun. Baru pada tahun 1958 kongres mengesahkan aturan yang memberikan hak pensiun sebesar $25,000 per tahun, sebuah kantor dan seorang staff. Kongres menaikkan jumlah pensiun tersebut beberapa kali untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Sekarang, gaji pensiunan presiden di hitung berdasarkan gaji tahunan seorang sekretaris kabinet yang pada tahun 2001 sebesar $161,200 per tahun.

Di mulai dari Bill Clinton, seorang pensiunan presiden menerima dana untuk sebuah kantor dan staffnya selama empat setengah tahun sejak berhenti dari jabatan presiden.


posted by FerryHZ at 9:18 AM | Permalink |


1 Comments:


  • At November 15, 2009 at 2:04 AM, Anonymous Anonymous

    Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
    Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!