(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Monday, May 5, 2008
Thomas Alva Edison, pengubah peradaban manusia

Ferry Herlambang



Thomas Alva Edison (1847-1931), adalah salah seorang penemu terbesar sepanjang masa. Edison mulai melakukan penelitian di usia muda dan terus bekerja sampai menjelang kematiannya. Dia telah mempatenkan lebih dari 1.000 penemuannya termasuk bola lampu, phonograph, dan kamera film bergerak. Tiga penemuannya tersebut akhirnya berkembang menjadi industri raksasa dan mampu mengubah peradaban manusia di seluruh dunia.

Kata bijak dari Edison yang terkenal,"Di butuhkan satu persen kejeniusan dan 99 persen kerja keras untuk berhasil."

LATAR BELAKANG EDISON

Masa kecil

Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio pada tahun 1847. Keluarganya adalah campuran Belanda dan Inggris. Pada tahun 1854 keluarganya menetap di Port Huron, Michigan, tempat di mana Edison menyelesaikan pendidikan formalnya yang hanya berlangsung selama tiga bulan. Ibunya memberinya pendidikan dengan mengajarkan membaca, menulis dan berhitung. Dia juga biasa membacakan hasil karya penulis besar Inggris seperti Edward Gibbon, William Shakespeare, dan Charles Dickens.

Edison beerjualan koran, apel dan permen di pemberhentian kereta api pada umur 12. Selama kurun waktu tersebut, pendengarannya mulai mengalami gangguan. Suatu waktu Edison pernah berkata bahwa kondisi pendengarannya itu adalah asset baginya, karena dengan kondisi tersebut, dia bisa lebih berkonsentrasi pada percobaannya. Pada buku hariannya beberapa tahun kemudian, dia menuliskan, "Aku tidak bisa mendengarkan nyanyian burung sejak berusia 12 tahun."

Ketika berusia 12 tahun, dia membeli sebuah printing press kecil bekas dan 136 kg (300 lb) perekat. Dia memasang mesin tersebut pada bagasi mobil dan merekatkannya, tak lama kemudian dia mulai memproduksi koran yang dia beri nama The Weekly Herald. Koran tersebut dia cetak, edit, dan dia jual sendiri di tempatnya bekerja.

Pada musim panas 1862, Edison menyelamatkan seorang bocah berusia tiga tahun dari lindasan mobil pengangkut. Anak tersebut adalah putra seorang kepala stasiun di Mount Clemens, Michigan. Suatu saat, sang kepala stasiun menawarkan untuk mengajari Edison cara mengoperasikan telegraph. Edison dengan senang menerima tawaran tersebut. Selama lima bulan, dia belajar cara mengoperasikan alat tersebut dan lima tahun selanjutnya dia melakukan banyak perjalanan sebagai seorang telegrapher. Selama masa tersebut, dia habiskan gajinya untuk membiayai laboratorium dan instrument listriknya.


Keluarga Edison


Edison bertemu istri pertamanya , Mary Stilwell, pada tahun 1871 saat Mary berusia 16 tahun. Edison menikahi Mary Stilwell pada hari natal di tahun itu juga.

Mereka di karuniai seorang putri, Marion, lahir tahun 1873, dan dua putra, Thomas, Jr., lahir tahun 1876, dan William, lahir tahun 1878.

Setelah istri pertamanya meninggal pahun 1884, Edison menikahi Mina Miller pada bulan February 1886. Mereka memiliki seorang putri, Madeleine, lahir tahun 1888, dan dua putra, Charles dan Theodore, lahir tahun 1890 dan 1898.


AWAL PENEMUAN

Edison memperoleh pengetahuan tentang listrik dan telegraphy (penggunaan sistem telegraph untuk berkomunikasi jarak jauh) saat remaja. Pada tahun 1868, ketika berusia 21 tahun, dia mengembangkan sebuah mesin perekam telegraphic yang menjadi penemuan pertamanya yang di patenkan.

Tahun berikutnya, dia menemukan versi baru mesin penanda barang yang berfungsi untuk menandai persediaan barang di pasaran.dengan menggunakan kertas perekat. Tidak seperti mesin sebelumnya, mesin ciptaannya tersebut bekerja secara otomatis dan memerlukan orang khusus untuk mengoperasikannya.

Mesin penanda tersebut dia kembangkan lagi dengan sentralisasi pada sistem mekanismenya dan barulah Edison menerima keuntungan senilai $40,000, atau setara dengan $530,000 pada tahun 2000. Dia dan mitra bisnisnya yang memiliki toko mesin, menggunakan uang tersebut untuk membuka sebuah perusahaan baru untuk mengembangkan mesin penanda tersebut.

Selanjutnya, Edison bekerja 18 jam sehari di bengkelnya di Newark, New Jersey, menemukan dan memproduksi berbagai macam barang kelistrikan. Selama periode tersebut, penemuan terpentingnya adalah quadruplex, telegraph yang sangat effisien yang dapat mengirimkan empat pesan sekaligus.


PENEMUAN DI MENLO PARK

Pada tahun 1876, Edison menetap di sebuah laboratorium di Menlo Park, New Jersey, laboratorium pertama di dunia yang di dedikasikan untuk penelitian kepentingan industri. Selama sepuluh tahun, dunia mengenal Edison sebagai “tukang sihir” dari Menlo Park.

Telepon

Pada tahun 1876, Edison menyempurnakan telepon temuan Alexander Graham Bell yang tidak dapat beroperasi melebihi jarak 3 - 5 km. Setelah melakukan beratus-ratus percobaan, telepon Edison mampu di gunakan untuk jarak yang hampir tak terbatas, dengan kualitas suara yang lebih baik. Pada bulan Maret 1878, telepon Edison menghubungkan kota New York ke Philadelphia, Pennsylvania, yang berjarak 172 km.

Phonograph

Dengan penemuan ini, orang bisa mendengarkan musik. Edison mendapatkan paten untuk temuan ini pada tahun 1878.


Sistem distribusi tenaga listrik

Edison menyadari bahwa penggunaan bola lampu pijar ciptaannya akan memerlukan sistem pendistribusian listrik yang effisien. Dia mengembangkan perencanaan yang detail untuk sistem pendistribusian tenaga listrik. Sistem tersebut termasuk penghasil arus listrik oleh dynamo sebagai sumber listrik lalu menyalurkannya dalam jumlah sedikit ke rumah-rumah. Rancangan ini di ajukan pada tahun 1879 meliputi rancangan untuk parallel circuits, sistem pengamanan, bahan isolator dan penggunaan jaringan kabel tembaga seperti yang di gunakan oleh sistem listrik modern.


Bola lampu pijar pertama

Tahun 1881, Edison membangun sistem tersebut secara lengkap di Menlo Park.Pada tahun 1882 di Holborn Viaduct di kota London, perusahaan listrik Edison mulai beroperasi melayani kebutuhan listrik untuk lampu pijar bagi industri. Sedangkan untuk kebutuhan bagi konsumen pribadi baru di bangun di kota New York dengan nama perusahaan Pearl Street generating station. Pada saat itu, kemampuan supplynya hanya untuk 2.000 lampu.


Edison Effect atau emisi thermionic

Edison mengatakan bahwa partikel Carbon dari filament menghitamkan sisi dalam bola lampunya. Hal ini di sebabkan oleh emisi dari elekton dari filament tersebut. Teory tersebut di buat Edison sebelum ada ilmuwan lain yang mengetahui keberadaan elektron sampai tahun 1897 ketika sisikawan Inggris, J. J. Thomson membuktikannya. Teory ini akhirnya di sebut effek Edison (Edison effect) dan menjadi dasar bagi dunia eletronik modern.

Tahun 1884, Edison menerima paten untuk semua peralatan yang menggunakan dasar pada teori ini.


PENEMUAN DI GLENMONT

Tahun1886, Edison membeli Glenmont, sebuah pemukiman besar di pedesaan di West Orange, New Jersey, dan dia bangun sebuah laboratorium baru.

Beberapa penemuan pentingnya selama berada di Glentmont antara lain adalah:

Gambar bergerak

Ide awalnya berawal di tahun 1888 ketika seorang pioner photografi Inggris, Eadweard Muybridge, memperlihatkan hasil karyanya yang merupakan rangkaian gambar yang di ambil dengan cepat sehingga menghasilkan gambar berurutan. Gambar-gambar tersebut jika di gabungkan akan menghasilkan tampilan film bergerak.

Pada tahun 1889 perusahaan Eastman Dry Plate and Film memproduksi dan mematenkan roll film seluloid. Kemudian Edison menyempurnakannya pada tahun 1890 dan mesin baru tersebut menjadi prototype dari semua kamera modern.


Battery Electric

Tahun 1900, Edison mengembangkan battery penyimpan listrik. Battery mengubah energy kimia menjadi energy listrik. Untuk karyanya ini, Edison menghabiskan delapan tahun dengan biaya mencapai satu juta dollar.

Penemuannya ini akhirnya secara luas di pakai unuk banyak kebutuhan seperti mobil bahkan untuk tenaga kapal selam.


Penghargaan

Saat masih hidup, Edison menerima banyak penghargaan dari seluruh dunia. Tahun 1881 pemerintah Perancis memberinya penghargaan Legion of Honor untuk penemuanya tentang sistem distribusi tenaga listrik. Italy menganugrahi Grand Officer of the Crown tahun 1889, selain itu dia juga menerima penghargaan dari pemerintah Chile, Inggris, Jepang, Rusia dan beberapa negara lain.

Henry Ford menghabiskan beberapa juta dollar untuk mendirikan museum of industry di Dearborn, Michigan yang menampilkan penemuan Edison.

Ketika Edison meninggal, pemerintah Amerika melakukan pemadaman listrik di seluruh negeri selama satu dua menit untuk menghormatinya (pemerintah Amerika tidak pernah melakukan pemadaman listrik kecuali untuk alasan yang sangat penting).




posted by FerryHZ at 1:33 PM | Permalink |


0 Comments: