(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Thursday, May 8, 2008
Walter Hunt, Penemu Peniti

Ferry Herlambang



Dalam kehidupan sehari-hari, peniti tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Sebuah benda kecil yang sejarahnya lepas dari perhatian kita. Pernahkah terlintas dalam benak kita untuk mengetahui siapakah orang yang berjasa pada penemuan kecil ini?

Peniti adalah karya dari Walter Hunt, seorang mekanik dari New York. Walter Hunt adalah seorang kreatif yang telah menciptakan beberapa barang yang berguna di antaranya adalah alat pemintal benang, alat pengasah pisau, bel untuk mobil jalanan, tungku pembakar batubara, batu buatan, mesin pembersih jalan, pengeruk es dan mesin pembuat surat. Pada tahun 1834, Walter Hunt membuat mesin jahit pertama. Dia tidak mempatenkan penemuannya tersebut dengan alasan bahwa penemuannya tersebut akan mengakibatkan terjadinya pengangguran.

Peniti dia temukan ketika Walter Hunt memilin potongan kabel, mencoba untuk menciptakan sesuatu yang akan menolongnya melunasi hutangnya sebesar 15 dollar. Pada 10 April 1849, peniti ciptaannya mendapatkan hak paten. Kelak di kemudian hari, hak paten tersebut dia jual dengan harga 400 dollar.

Penemuannya untuk mesin jahit kelak kemudian hari di "temukan ulang" oleh Elias Howe dari Spencer, Massachusset dan di patenkan oleh Howe di tahun 1846. Hak paten ini kelak kemudian hari akan di permasalahkan, bukan oleh Hunt, tetapi oleh Isaac Merritt Singer, pemilik pabrik mesin jahit terbesar. Singer menunjukkan bahwa penemuannya 20 tahun lebih awal daripada penemuan Howe. Paten yang di miliki oleh Howe di perpanjang sampai tahun 1854. Kemudian Howe meninggal tahun 1867, tahun yang sama dengan habisnya masa paten miliknya.


posted by FerryHZ at 10:03 AM | Permalink |


0 Comments: