(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Friday, April 11, 2008
Sejarah Coca-cola dan Pepsi cola
Raksasa minuman ringan dunia

Ferry Herlambang





Nama Coca Cola dan Pepsi Cola tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Saat ini, kedua merk tersebut adalah pemimpin bagi industri minuman ringan dunia. Coca Cola mengambil porsi yang lebih besar, mereka menguasai 4 dari 5 benua sedangkan Pepsi cola mengambil porsi yang sedikit lebih kecil dengan menguasai penjualan di Timur Tengah.



Coca-Cola

Coca-Cola Company adalah raksasa minuman ringan dan pemimpin di industri ini. Coca-Cola juga memproduksi beberapa merk dan menjualnya ke seluruh dunia. Selain itu, mereka juga memproduksi minuman ringan jenis jus buah dan non soda. Coca-Cola Company berlokasi di Atlanta, Georgia.

Minuman ringan yang berada di bawah bendera Coca-Cola antara lain adalah Diet Coke, Tab, Sprite, Fanta, Fresca, Mello Yello, dan root beer merk Barq. Sedangkan minuman jenis non soda antara lain adalah Minute Maid fruit juices, minuman berenergi PowerAde, dan Nestea iced tea.

Pada bulan Mei 1886, Coca Cola di temukan oleh Doktor John Pemberton, seorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia. Nama Coca Cola berasal dari usulan ahli pembukuannya yang bernama Frank Robinson.

Selain seorang ahli pembukuan, Frank Robinson juga pandai membuat desain. Dialah yang membuat logo Coca Cola yang mudah di kenali dan menjadi logo yang sangat terkenal saat ini. Coca Cola pertama kali tidak dalam kemasan botol di toko obat Jacob's Pharmacy di Atlanta pada tanggal 8 Mei 1886.Pada saat itu, penjualan perhari kurang lebih 9 gelas perhari.

Pemasukan di tahun pertama kurang lebih sebesar $50, sedangkan pengeluaran lebih dari $70, jadi mereka mengalami kerugian pada tahun pertama. Sampai tahun 1905, soft drink tersebut yang di pasarkan pada segment tonic, masih mengandung kafein yang di perkaya dengan biji kola.

Pada akhir tahun 1890, Coca-Cola adalah salah satu minuman paling populer di Amerika. Bersama dengan ahli farmasi dari Atlanta yang lain, Asa Griggs Candler, Coca-Cola Company mampu meningkatkan penjualan sirupnya lebih dari 4000% pada periode tahun 1890 sampai 1900. 

Iklan adalah faktor penting bagi kesuksesan Pemberton dan Chandler, dan pada saat pergantian abad, mereka telah melakukan penjualan di seluruh Amerika dan Kanada. Pada kurun waktu yang bersamaan, mereka mulai menjual sirup kepada perusahaan pembotolan yang berlisensi untuk menjual produk mereka. Prinsip tersebut sampai saat ini di terapkan oleh industri minuman ringan di Amerika. 

Pada tanggal 23 April 1985, formula rahasia yang di beri nama "New Coke" di luncurkan. Saat ini, produk dari Coca Cola Company di konsumsi oleh lebih dari 1 Milyar orang perhari.



Pepsi Cola

Pepsi Cola di temukan oleh Caleb Bradham, seorang ahli farmasi dari New Bern, North Carolina. Seperti ahli farmasi kebanyakan pada saat itu, dia juga memasang dispenser minuman bersoda di toko obatnya. Dia menjual minuman bersoda ciptaannya sendiri. Minuman ciptaannya yang paling populer bernama "Brad's drink" terbuat dari air, gula, vanilla, pepsin dan biji cola. "Brad's drink", di buat pada musim panas tahun 1898, dan kemudian berubah nama menjadi "Pepsi Cola" setelah pepsin dan biji cola di gunakan dalam resepnya. Nama Pepsi Cola ki daftarkan pada tanggal 16 Juni 1903.

Sesudah 17 tahun sejak kesuksesannya, Caleb Bradham harus kehilangan Pepsi Cola karena kekalahannya di pasar saham. Dia percaya bahwa harga gula akan naik, tetapi ternyata sebaliknya sehingga diapun bangkrut dalam sekejap. Hal ini berakibat bangkrutnya Pepsi Cola pada tahun 1923.

Tahun 1931, Pepsi Cola di beli oleh presiden Loft Candy Company yang bernama Charles G. Guth dan melakukan perubahan pada formula minuman tersebut. Tahun 1940, sejarah di buat dengan di buatnya jingle ikaln pertama yang di siarkan secara nasional. Jingle lagu yang berjudul "Nickel Nickel" yang di tayangkan untuk Pepsi Cola menaikkan harga saham pepsi cola dan jumlah saham. "Nickel Nickel" menjadi hit dan di rekam dalam 55 bahasa.

Tahun 1964, untuk pertamakalinya Diet Pepsi di perkenalkan.




posted by FerryHZ at 10:13 PM | Permalink |


0 Comments: