(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Friday, March 14, 2008
Biografi singkat kreator Superman

Ferry Herlambang


Komik Superman boleh di bilang adalah komik paling populer di dunia. Tokoh Superman bisa di terima di hampir semua budaya di dunia. Penggemarnya mulai dari anak kecil sampai orang dewasa dan komik ini telah di baca oleh jutaan orang di dunia. Saat ini, tokoh Superman telah di buat dalam banyak media termasuk film layar lebar dan serial televisi. Bagaimana perjalan cerita awalnya ?


Joe Shuster (1914–1992), Kartunis Amerika kelahiran Kanada, bersama dengan penulis Jerry Siegel, pertamakali menciptakan tokoh superhero Superman, tahun 1938. Tokoh Superman tampil dalam 44 seri buku komik berbeda, pertunjukan radio, serial film, kartun animasi, dan pertunjukan televisi dan termasuk dalam 4 besar film terlaris sepanjang masa.

Lahir di Toronto, Shuster tumbuh di Cleveland, Ohio, dan mulai membuat komik saat masih kanak-kanak. Dia menyukai komik fantasi karya Winsor McKay, “Little Nemo in Slumberland”. Terpengaruh oleh majalah fiksi ilmiah saat itu, Shuster benyak menggambar tentang roket dan kota antar planet. Ketika berusia 15 tahun, cerita bergambarnya yang pertama di terbitkan untuk majalah sekolahnya.

Saat berusia 17 tahun, dia bertemu dengan Siegel, yang kelak akan menjadi partner setianya. Bersama-sama mereka membuat banyak cerita bergambar, tetapi kebanyakan di tolak oleh pihak penerbit.

Sukses pertama mereka datang tahun 1936, ketika Malcolm Wheeler Nicholson mulai menerbitkan buku komik Amerika modern yang pertama. Mimpi Shuster dan Siegel, adalah membuat sebuah komik untuk surat kabar.

Tokoh Superman di tolak oleh semua penerbit saat itu, sampai akhirnya mereka lakukan perubahan karakter tokoh Superman dan terbitlah komik pertama Superman, Action Comics #1. Komik ini habis terjual dengan cepat. Pada bulan Januari 1939, Superman menjadi komik harian di sebuah surat kabar dan kelak, tokoh Superman menjadi salah satu tokoh yang paling di kenal di seluruh dunia.

Shuster dan Siegel, saat itu tidak mendapatkan banyak keuntungan dari meroketnya tokoh karangan mereka. Mereka menjual karya mereka dengan sistem terputus tanpa Royalty sebesar $130 untuk komik pertama.

Baru saat Warner Bros., yang mengambil alih Superman D.C.(penerbit sebelumnya), yang meluncurkan film Superman pertama tahun 1977, Shuster dan Siegel mendapatkan pembayaran tahunan sebesar $20,000.

Shuster Kemudian pindah New York ke Los Angeles bersama istrinya dan menghabiskan sisa hidupnya di sana.

posted by FerryHZ at 7:02 AM | Permalink |


0 Comments: