(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Tuesday, March 11, 2008
Novel grafis

Artikel lama dari Britishcouncil, tetapi masih berguna untuk mena,bah wawasan kita.

====================================================================


Apa itu Novel Grafis?

Agak susah mendapatkan definisi yang pas dari istilah novel grafis, tapi sederhananya ini adalah berupa komik yang dibuat tebal setebal buku yang bisa mencakup banyak genre dan subyek – kamu akan terkejut kalau tahu bahwa mereka bukan melulu memuat cerita super hero. Contohnya, seorang pengarang Inggris, Raymond Briggs membuat novel grafis berjudul Ethel and Ernest yang menggambarkan pernikahan orang tuanya yang telah berjalan 41 tahun. Novel ini kemudian memperoleh penghargaan British Book Award 1992 dengan kategori buku dengan ilustrasi terbaik, kemudian pengarang asal Swedia, Art Spiegelman, juga mendapat hadiah Pulitzer untuk bukunya Maus: A Survivor’s tale. Buku ini menceritakan tentang kehidupan di kam konsentrasi Nazi. Penghargaan dan pengakuan seperti ini membuktikan bahwa novel grafis saat ini memang semakin berkembang, populer dan diterima dengan baik.

‘Waktu kecil saya baca komik dan sekarang saya baca novel grafis. Lebih murah kalau kita beli komik sebagai novel daripada sebagai komik terpisah’ Kata Scott, 24, dari Cheshire.

‘Novel Grafis bukan hanya untuk kutu buku tapi merupakan sebuah karya fiksi dalam bentuk yang dewasa’ kata Danny, 26, dari Skotlandia.

Polularitas yang meningkat

Skala penjualan novel grafis di seluruh dunia selama 18 bulan terakhir telah menunjukkan angka prosentase yang sangat meningkat dan di Inggris semakin banyak penerbit –seperti HarperCollins dan Macmillan- yang memperluas koleksi mereka dalam area ini. Popularitas Manga dari Jepang juga mendongkrak penjualan novel grafis. Toko buku macam Waterstone’s meningkatkan stok novel grafis di setiap cabangnya. Penerbit sekarang mulai berpikir untuk menerbitkan karya-karya Shakespeare dalam bentuk novel grafis, juga buku-buku anak untuk menjangkau pembaca yang lebih muda.

'Saya tidak membaca novel grafis dan saya harus akui bahwa tadinya saya pikir isinya tentang pahlawan super tapi ternyata bukan. Novel grafis hanyanlah cara lain dalam bercerita dan gambarnya bisa amat ekspresif.' Elaine, 23 tahun, Liverpool.

Fakta tentang novel grafis


Di bioskop

Di Hollywood saat ini sedang tren untuk mengangkat karakter dalam novel grafis ke layer lebar. Jadi, kalau kamu belum pernah membaca novel grafis sebelumnya, pasti kamu nggak akan sadar bahwa film yang sedang kamu tonton itu adalah adaptasi dari novel grafis. Sebut saja cerita pahlawan super Amerika seperti Batman, Superman, X-Men atau cerita karya pengarang Inggris seperti V for Vendetta (2006), The League of Extraordinary gentlemen (2003), From Hell (2003), dan Tank Girl (1995).

Prospek berkarir

Jika kamu ingin berkarir di dunia novel grafis, entah sebagai penulis seperti Alan Moore (Watchmen, V for Vendetta, From Hell, dan The League of Extraordinary Gentlemen) atau sebagai ilustrator seperti Kevin O’Neill (Nemesis the Warlock, Marshal Law, dan The League of Extraordinary Gentlemen), ada kursus penuh walaupun paruh waktu yang tersedia di berbagai kampus dan universitas yang bisa bantu kamu meningkatkan keterampilanmu.

Sepertinya memang tren ini akan semakin populer beberapa waktu ke depan.

Lucy

October 2006


Sumber:

http://www.britishcouncil.org/id/indonesia-common-trend-uk-graphicnovels.htm


posted by FerryHZ at 3:14 AM | Permalink |


0 Comments: