(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Tuesday, March 4, 2008
Trend dan fenomena penulisan
Book cover of Girl with a one track mind by Abby Lee, image © Book coverCrossover
Salah satu tren literatur yang paling paling bertahan baru-baru ini adalah munculnya sesuatu yang sekarang dikenal sebagai novel-novel crossover. Novel crossover adalah novel yang sebenarnya ditulis untuk kelompok umur pembaca yang lebih muda yang juga menarik untuk kalangan dewasa. Yang paling dikenal tentu saja adalah seri buku Harry Potter oleh J.K. Rowling, yang sekarang telah diterbitkan dengan versi dewasa dan versi anak-anak. Pengarang buku anak-anak lainnya yang juga memiliki jumlah pembaca dewasa yang cuku besar adalah Phillip Pulman, dengan triloginya – 'His dark materials' – sangat populer di semua kelompok umur.
Book cover of Belle de Jour, image © Book coverPerempuan-perempuan nakal
Trend terbaru literatur yang lainnya yang telah menyaingi chicklit dalam popularitas adalah lahirnya pengarang-pengarang wanita yang mempublikasikan novel-novel dan blog-blog yang memberikan detail tentang sibuknya kehidupan seks mereka. Buku-buku seperti 'Belle de jour', Buku harian seorang gadis panggilan di London (yang memenangkan penghargaan dalam kategori ‘Blog Inggris Terbaik’ dalam acara Bloggers Awards), dan 'The almond', mengenai bangunnya naluri seksual seorang wanita Arab, telah menjadi bestsellers. Fenomena ini bahkan lebih sering terjadi di blog-blog, dengan menggunakan nama samaran seperti 'Girl with a one track mind' atau ‘Seorang perempuan dengan satu jalur pikiran’. Lebih dari satu blogger (mereka yang aktif mengisi blog) telah menandatangani kontrak dengan perusahaan penerbit untuk menulis sebuah novel, pengarang 'Belle de jour' berkata, ‘Hidup saya lebih mengejutkan dan luar biasa sebelum saya mulai menghabiskan waktu luang saya untuk menulis’.
Book cover of Angel by Katie Price, image © Book cover

Pengarang Selebriti
Bisakah Katie Price (atau lebih dikenal sebagai Jordan) atau Naomi Campbel menulis? Mereka berdua memang telah menerbitkan sebuah novel masing-masing. Tetapi, buku-buku tersebut sebenarnya ditulis oleh orang lain yang dikenal sebagai ghostwriters. Ini merupakan trend yang sangat menarik tentang pengarang selebriti yang menggunakan kepopuleran mereka untuk menjual buku. Seberapa banyak kontribusi mereka dalam proses penulisan buku tersebut masih sering diperdebatkan. Katie baru-baru ini menerbitkan novel yang berjudul 'Angel' yang jelas sekali ditulis secara luas berdasarkan kehidupan pribadinya. Novel Naomi yang berjudul 'Swan' pun mirip seperti itu.

Perhatikan terus tempat ini dan lihat tinjauan kami tentang tren literatur terbaru.

Magnus
September 2006


Artikel lama dari http://www.britishcouncil.org/id/indonesia-common-trend-uk-badgirls.htm, masih cukup bagus untuk menambah wawasan.

posted by FerryHZ at 9:05 PM | Permalink |


0 Comments: