(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Friday, March 14, 2008
Sejarah Microsoft Windows

Oleh: Ferry Herlambang

OS (operating system) atau sistem operasi adalah sebuah program dasar yang mengontrol fungsi dasar dari sebuah komputer. Windows, sistem operasi milik Microsoft Corporation adalah sistem operasi yang paling populer dan banyak di gunakan oleh para pengguna di seluruh dunia. Hal ini di karenakan kemudahan yang dimiliki oleh sistem operasi ini. Sistem operasi ini berbasis GUI (graphical user interface), dengan memanfaatkan gambar kecil, yang di sebut icon, pada layar komputer untuk mewakili perintah dan isu lain.

Konsep GUI di desain untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan mudah bagi pengguna komputer. Pada sistem operasi Windows, pengguna bisa menggerakkan cursor di sepanjang layar komputer dengan menggunakan mouse. Dengan meletakkan cursor pada icon lalu melakukan klik pada mouse, pengguna bisa melakukan perintah pada komputer seprti memulai program, mengakses file, atau melakukan copy file.

Perintah-perintah lain juga bisa di temui pada drod down menu yang biasanya terdapat pada sebuah program. Dengan konsep yang dimiliki Windows, pengguna bisa menjalankan beberapa rogram sekaligus. Komputer akan menampilkan

area program yang sedang aktif, sedangkan program yang tidak aktif akan tertutupi tetapi keberadaannya bisa di ketahui pada tittle bar. Jenis GUI pada konsep Windows meliputi WIMP, yaitu : windows, icons, menus, dan alat penunjuk (misalnya mouse).

Ilmuwan komputer di Xerox Corporation’s Palo Alto Research Center (PARC) menemukan konsep GUI di awal tahun 1970, tetapi inovasi ini tidak terlalu sukses di pasaran pada saat itu. Tahun 1983 Apple Computer menggunakan konsep ini pada komputernya yang di beri nama Lisa. Tampilannya mengalami kemajuan pada komputer keluaran selanjutnya yang keluar tahun 1984 dan di beri nama Macintosh.

Microsoft mulai mengembangkan konsep GUI di tahun 1983 melalui MS-DOS. Microsoft Windows versi 1.0 pertama keluar tahun 1985. Lalu Windows versi 2.0 di perkenalkan tahun 1987. Selanjutnya di perkenalkan versi 3.0 yang lebih tangguh tahun 1990, dan versi selanjutnya adalah versi 3.1 dan 3.11.

Sistem operasi ini segera menjadi populer dan banyak di gunakan karena di jual menjadi satu paket dengan komputer. Segera setelah populer, sistem operasi Windows menjadi platform bagi pengembangan software lain. Banyak produsen software yang mengembangkan produknya menggunakan Windows sebagai platform-nya.

Tahun 1993 Microsoft memperkenalkan Windows NT (New Technology). Windows NT menawarkan teknologi baru dengan 32-bit multitasking, memberikan kemampuan pada sebuah komputer untuk bisa menjalankan beberapa program secara simultan atau bersamaan dengan cepat. Sistem operasi ini bersaing dengan OS/2 milik IBM.

Tahun 1995, Microsoft meluncurkan versi baru dari Windows untuk personal komputer yang di beri nama Windows 95. Windows 95 lebih sederhana dan lebih menarik tampilannya di banding versi sebelumnya. Versi ini juga menawarkan sistem 32-bit processing, multitasking yang effisien, koneksi jaringan dan kemudahan bagi akses internet. Pengembangan program Windows 95 adalah Windows 98, yang di luncurkan tahun 1998. Windows 98 berbasis Windows 95 dengan beberapa pengembangan.

Pada tahun 1996, Microsoft mulai meluncurkan Windows CE, versi kecil dari platform Microsoft Windows yang di desain sebagai sistem operasi bagi komputer handheld. Lalu pada akhir tahun 1999, di luncurkan Windows 2000, dengan teknologi yang menggabungkan kekuatan teknologi Windows NT dengan tampilan dari Windows 98.

Pengembangan yang di lakukan Microsoft terus berlanjut dengan di keluarkannya Windows XP yang memiliki ketangguhan dan desain yang sangat menarik. Saat ini, Microsoft telah mengeluarkan versi beta (versi uji coba) sistem operasi terbaru yang di beri kode Microsoft Longhorn, denga tampilan yang menyerupai Windows XP (Saat ini telah keluar dengan nama Windows Vista.)

Beberapa sistem operasi lain yang populer antara lain adalah: Macintosh System (Mac OS) dari Apple Computer, Inc., OS/2 Warp dari IBM, dan UNIX beserta turunannya seperti Linux. Bahkan ada sebuah program yang bernama Lindows yang mampu menjalankan program berplatform Linux di lingkungan Windows atau sebaliknya. Lindows sebetulnya bukan sebuah sistem operasi, tetapi program kompiler.


posted by FerryHZ at 6:32 AM | Permalink |


0 Comments: