(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Thursday, December 13, 2007
Situs cerpen/novel: Even Pemula Bisa Dpt Rp40rb/cerpen


Dari milis Penulislepas, saya dapatkan berita ini.
Untuk keterangan detilnya silakan hubungi kontak yang ada pada artikel dibawah ini:

======================================================================

Saat ini, saya membuat situs baru, untuk web-novel dan web-cerpen. Dengan teknologi yg khusus dan kemasan yg ergonomis, sehingga enak dibacanya. Dengan teknologi ini bahkan bisa sejumlah orang mengembangkan 'novel kolaborasi'. Di situ bahkan ada novel lengkap.
Well, novel selenge'an lah, tapi saya yakin di situs-situs Indonesia lainnya anda toh sulit mencari novel yg tayang lengkap di internet.

Kalau anda niat berkontribusi, ada bayarannya: 40 ribu/cerpen (dalam rupiah tentu saja ;-). Tuntutan kualitasnya tdk gila-gilaan, (wong tempatnya juga luas). As long as yg dikirimkan betul-betul cerpen utuh (bukan daftar belanjaan, dst) dan sesuai dg tema situs, insya Allah akan diterima; dan tulisan anda akan berdampingan dg tulisan-tulisan dr para penulis top. ;-) Kalau kontribusi novel, bisa dinegosiasikan.

Sesuai namanya, www.ilmuiman.net/story/cintajenaka.php, maka tema dasar yg diterima adalah tema cinta (percintaan, orang dewasa boleh, remaja boleh). Untuk lebih jelasnya, please check-out situs tsb. Kami menargetkan 500 web-cerpen, dan sekarang baru 20%-nya tercapai.

---

Untuk para penulis profesional, ini satu tantangan. Kami menyediakan tools untuk menulis cerita yang kami sebut CERITA DINAMIS. Hasil pengembangan teknologi kami sekitar setahun terakhir ini. DIJAMIN, ini beda pendekatannya dg situs-situs blog yg sekarang menjamur.

Pertama: di situs itu cerita dipecah-pecah jadi blok-blok kecil. Ini apa untungnya? Buat penulis jelas: tulisan jadi lebih sulit dibajak (isn't good?). Buat pembaca: tulisan jadi ergonomis. Mudah dan enak dibaca. Tidak ada scrolling! Tapi tampil sehalaman demi sehalaman (screen by screen). Loading speednya juga kenceng. Silakan dicoba. Dg teknologi kami, pemecahan ini berjalan efisien, sehingga sekiranya anda kirimkan novel hari ini, dlm beberapa menit pemecahan kelar.

Keduanya: soal dinamisnya. Cerita di www.ilmuiman.net/story/cintajenaka.php, tidak statis spt di koran, melainkan bisa bersifat dinamis. Contoh: nama tokohnya bisa variabel. Di cerpen 'Nembak Cowok', anda bisa menentukan nama tokohnya, dan ta-da, sepanjang anda membaca, nama tokohnya sesuai nama pilihan anda. Umumnya pembaca, punya satu nama (atau lebih) yg 'menggetarkan hati', bukan begitu? Di cerpen itu juga, dan di cerpen 'Bungsu' dan bbrp lainnya, endingnya bahkan ada beberapa plot (anda baca 1x, lantas anda baca lagi, maka yg kedua endingnya bisa beda sekali dr saat anda baca pertama, bisa pula sama; baca ketiga, bisa beda lagi).

Itu sekedar contoh; dan masih ada 'kedinamisan' lain yang tdk mungkin bisa direalisasikan dlm cerpen di koran atau di blog yg tradisional. Semua penulis sejati mestinya mencoba membuat cerita dinamis spt ini. Kami mengundang anda. Dan lebih serunya lagi dr itu, selain anda akan merasakan sensasi menulis yg beda dr biasanya, anda akan DIBAYAR! (Yaitu dengan uang beneran, bukan dengan beras ketan ;-).

Spt disebut di atas: bayarannya adalah 40 rb/cerpen. Terlalu murah? Toh kalau nulis di blog, anda bahkan digratiskan begitu saja.

Lagi pula: kalau satu cerpen itu anda buatkan variannya (misalnya varian endingnya, atau varian klimaksnya), maka tiap-tiap varian itu, either akan dapat 25 ribu/varian (kalau pendek) atau another 40 ribu (each per varian, dlm hal variannya cukup panjang). Or, in other word, kalau anda menulis satu cerita dg tiga varian saja, anda akan mendapatkan bayaran sepadan dg kalau anda menulis di media top Indonesia. Not bad, kan? Bayangan saya, kalau novel, 40 ribu/bab. Kalau ini dianggap terlalu kecil, tulis ulanglah novelnya, sehingga babnya banyak dan agak pendek-pendek, sehingga worth 40 ribu/bab.

Silakan mencoba. Semua penulis sejati, kami undang. Kalau ada salah-salah kata, mohon maaf. Insya Allah ini serius, web-site saya juga registered resmi atas nama saya, bukan gratisan.

Salam,

Y. Wibisono

www.ilmuiman.net/story/cintajenaka.php



posted by FerryHZ at 9:35 AM | Permalink |


0 Comments: