(function() { (function(){function b(g){this.t={};this.tick=function(h,m,f){var n=void 0!=f?f:(new Date).getTime();this.t[h]=[n,m];if(void 0==f)try{window.console.timeStamp("CSI/"+h)}catch(q){}};this.getStartTickTime=function(){return this.t.start[0]};this.tick("start",null,g)}var a;if(window.performance)var e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart;var p=0=c&&(window.jstiming.srt=e-c)}if(a){var d=window.jstiming.load; 0=c&&(d.tick("_wtsrt",void 0,c),d.tick("wtsrt_","_wtsrt",e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=b&&window.jstiming.load.tick("aft")};var k=!1;function l(){k||(k=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",l,!1):window.attachEvent("onscroll",l); })();

Thursday, March 27, 2008
Dibalik Sebutan Uncle Sam bagi negara Amerika

Siapakah sebenarnya Paman Sam ?

Ferry Herlambang



Amerika Serikat sering di juluki negara paman Sam, siapakah sebenarnya Paman Sam ? Apakah dia tokoh khayalan atau tokoh nyata ? Ada beberapa versi tentang asal-usul nama Uncle Sam. Terserah versi mana yang anda percayai.


Poster rekruitmen Uncle Sam

Poster yang di buat oleh James Montgomery untuk keperluan recruitmen tentara pada perang dunia pertama, dengan kalimat yang di tulis besar “I WANT YOU,” menjadi salah satu poster terkenal yang mewakili karakter yang saat itu di kenal sebagai Uncle Sam. Gambaran pertama mengenai karakter Uncle Sam muncul pada sebuah kartun politik yang terbit pada tahun 1832.

Kongres Amerika mengadopsi karakter Uncle Sam sebagai simbol nasional pada tahun1961 dan menetapkan nama Samuel Wilson di belakang timbulnya inspirasi simbol tersebut. Samuel Wilson adalah seorang bisnisman dari New York yang juga di kenal sebagai Uncle Sam, biasa menandai barang kirimannya selama perang tahun 1812 dengan inisial United States, U.S. Peristiwa ini secara kebetulan memunculkan penggunaan nama Uncle Sam untuk menyebut pemerintah Amerika.

Selanjutnya, gambaran tokoh Uncle Sam berkembang. Pada abad 20, figure uncle Sam sering di gambarkan sebagai laki-laki dengan topi tinggi, jas berekor, gambar bintang dan garis seperti pada bendera Amerika.

Gambaran profile uncle Sam sebagai seorang Yankee kurus muncul setelah pementasan drama yang berjudul The Contrast oleh Royall Tyler pada tahun 1887.

Selanjutnya karakter Uncle Sam sering di pakai untuk kartun dan poster yang menyangkut isu politik dan nasionalisme bangsa Amerika.


Inisial Ulysses Simpson Grant

Jendral Ulysses Simpson Grant adalah jendral besar yang memimpin tentara Union pada perang saudara Amerika. Dia lahir dengan nama asli Hiram Ulysses Grant pada tahun 1822 di sebuah pondok di southwestern Ohio, dekat sungai Ohio.

Grant masuk ke akademi militer West Point pada bulan Mei 1839. Namanya berubaha menjadi Ulysses Simpson Grant karena kesalahan saat menuliskan namanya. Teman-teman sekelasnya memanggilnya U.S.,””Sam,” dan “Uncle Sam” Grant. Selama dalam masa pendidikan, Ulysses Simpson Grant menunjukkan kemampuan yang hebat sebagai seorang penunggang kuda dan matematika. Kerja keras dan disiplinnya melebihi teman-teman kadetnya.


posted by FerryHZ at 9:05 PM | Permalink |


0 Comments: