(function() { (function(){function b(g){this.t={};this.tick=function(h,m,f){var n=void 0!=f?f:(new Date).getTime();this.t[h]=[n,m];if(void 0==f)try{window.console.timeStamp("CSI/"+h)}catch(q){}};this.getStartTickTime=function(){return this.t.start[0]};this.tick("start",null,g)}var a;if(window.performance)var e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart;var p=0=c&&(window.jstiming.srt=e-c)}if(a){var d=window.jstiming.load; 0=c&&(d.tick("_wtsrt",void 0,c),d.tick("wtsrt_","_wtsrt",e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=b&&window.jstiming.load.tick("aft")};var k=!1;function l(){k||(k=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",l,!1):window.attachEvent("onscroll",l); })();

Tuesday, March 25, 2008
Lucky Luke, komik legendaris sepanjang masa


Ferry Herlambang


Salah satu komik hebat dengan tokok koboi penyendiri, Lucky Luke dan kudanya yang bernama Jolly Jumper. Berhadapan dengan gerombolan penjahat bersaudara uang menjadi musuh abadinya, Dalton bersaudara; Joe, Jack, William dan Averell, yang ditemani oleh Rantanplan, anjing paling bodoh sedunia.

Alur ceritanya klasik layaknya jago-jago tembak dunia barat seperti Billy the Kid, hakim Roy Bean dan Jesse James. Tetapi tokoh Lucky Luke, yang sanggup menembak lebih cepat daripada bayangannya, adalah tokoh pembela kebenaran, memerangi kejahatan dan selalu berhasil.

Komik ini di ciptakan oleh komikus Belgia bernama Morris (Maurice the Bevere, 1923-2001) smeentara skrip cerita pada awalnya di kerjakan oleh Frenchman René Goscinny (1926-1977). Setelah kematian Goscinny, beberapa penulis lain mencoba menggantikannya. Tetapi belum ada yang berhasil menandingi keberhasilan komik ini ketika di tulis olehnya.

Nama tokoh-tokoh cerita berdasarkan negara

Nama Lucky Luke, Rantanplan dan Dalton berasudara menjadi berbeda sesuai dengan kebiasaan dan lidah masyarakat setempat.


Perancis: Lucky Luke; Rantanplan; Les Dalton

Argentinia: Lucky Luke; Rataplán; Los Dalton

Catalan: Lucky Luke; Ran-tan-plan; Els Dalton

Croatia: Lucky Luke; - ; Braca Daltona

Checnya: Stastný Luk

Denmark: Lucky Luke; Ratata ; Dalton-brødrene

Belanda: Lucky Luke; Rataplan; De gebroeders Dalton

Inggris: Lucky Luke; Rin Tin Can; The Dalton Brothers

Finlandia: Lucky Luke; Rantanplan;Daltonin veljekset

Jerman: Lucky Luke; Rantanplan; Die Daltons

Yunani : Luki Luk; Rantanplan; I Daltons

Hungaria: Villam Vili

Islandia: Lukku Láki; Rattati; Dalton bræður

Italia: Lucky Luke; Rataplan ;I Fratelli Dalton

Norwegia: Lucky Luke; Rattata; Brødrene Dalton

Portugis: Lucky Luke; Ran-tan-plan; Os Daltons

Serbia Croasia: Talicni Tom

Spanyo: Lucky Luke; Ran-Tan-Plan; Los Dalton

Slovenia: Srecni Luka

Swedia: Lucky Luke; Ratata ; Bröderna Dalton

Turki: Red Kit; Rin Tin Tin; Dalton Kardesler




Gambar dia ambil dari SINI



posted by FerryHZ at 10:47 PM | Permalink |


0 Comments: