(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Sunday, March 23, 2008
Info Ringan

Kita tidak pernah menyadari bahwa jutaan informasi ringan sering kita lewatkan, mungkin karena kita anggap tidak berguna. Di ruang ini, anda akan mewnemukan informasi ringan yang akan menambah pengetahuan dan mungkin bisa menambah wawasan anda.

Penemu paperclip

Paperklip, di temukan hampir bersamaan oleh beberapa orang


Ketika Johann Vaaler mematenkan paper clip tahun 1901, desainnya ternyata mirip dengan desain yang ada di sebuah buku. Lalu ada William Middlebrook dari Waterbury, Connecticut mematenkan desainnya pada tahun 1899. Cornelius Brosnan dari Springfield, Massachusetts mematenkan Konaclip tahun 1900.

Di yakini bahwa penemu pertamanya adalah Johann Vaaler. Mengacu pada desain yang di buat pada awal 1899, tetapi karena saat itu negaranya, Norwegia tidak memiliki hukum tentang hak paten, dia mencari hak paten ke Jerman dan Amerika di tahun berikutnya.

Johann Vaaler lahir tanggal 15 Maret 1866 di Aurskog, Norwegia. Di kenal sebagai seorang inovator pada masa remajanya, dia lulus pada bidang electronik, ilmu alam dan matematika.

Berapa model yang kemudian keluar, masih mengikuti bentuk aslinya. Hanya beberapa yang di desain ulang seperti kekuatannya, penambahan anti licin, dan beberapa aksesoris lainnya.

Doublel klip yang berbentuk oval, di luncurkan pertama kali oleh Gem Manufacturing Ltd of England pada awal 1900.

Asal kata dollar dan desainer simbol dollar ($)


Koin perak pertama yang disebut "Guldiner" di ambil tahun 1486 di Tyrol. Nama "Taler" pertama di berikan pada koin perak yang berukuran sama di Joachimstal, Bohemia.

Daerah penambangan di pegunungan Bohemia menghasilkan banyak perak dan menjadi sumber utama uang logam bagi kekaisaran Romawi. Tambang tersebut terletak di sebuah lembah bernama Joachimsthal, dan koin yang berasal dari sana di sebut dengan nama yang sama: "Joachimstalers." Lama kelamaan, nama tersebut berubah menjadi "Talers" karena lebih mudah di sebut. Lalu lafal Amerika menyebutnya sebagai "dollar".

Symbol $ di desain oleh Oliver Pollock, seorang bisnisman dari New Orleans, ide dasarnya adalah dengan menggabungkan simbol mata uang negara Spanyol.

posted by FerryHZ at 9:07 PM | Permalink |


0 Comments: