(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Thursday, November 13, 2008
Antonio Stradivari, maestro pembuat biola

Antonio Stradivari, pembuat biola Stradivarius yang legendaris, mungkin adalah pembuat biola paling terkenal. Dia diperkirakan lahir pada tahun 1644 di Cremona, Italy. Semasa kanak-kanak, dia magang pada Nicolo Amati sebelum mulai membuat biola sendiri di usia sebelas tahun.

Pada tahun 1666, Stradivari mulai berani menempelkan label namanya sendiri pada instrument buatannya, menggunakan nama latinnya: Stradivarius. Ketika berusia duapuluh tiga tahun, sekitar tahun 1667, dia menikahi seorang janda yang berusia empat tahun lebih tua. Mereka mengadopsi seorang anak lalu memiliki 6 anak sendiri. Istrinya meninggal tahun 1698 lalu Stradivari menikah lagi pada tahun 1699. Lalu dia di anugrahi empat orang anak lagi. Dua anak lelaki Stradivari, Fransesco dan Omobono, membantu ayahnya membuat biola.

Pada tahun 1684, Nicolo Amati meninggal lalu Stradivari merubah desain biolanya dengan memberikan warna oranye dengan tampilan yang lebih baik. Dia lalu membuka toko di sebelah toko milik Amati. Murid bernamanya bernama Giovanni Guadagnini yang ayahnya, Lorenzo, menjadi asisten Stradivari. Dia kemudian mendapatkan murid keduanya bernama Carlos Bergonzi.

Stradivari merubah lagi desain biolanya pada tahun 1690 menjadi lebih panjang, lebih datar dan dengan warna-warna yang lebih gelap. Stradivari masih belum puas lalu merubah lagi desainnya pada tahun 1700 dimana dia mulai menggunakan vernish berwarna coklat kemerahan. Periode emas Stradivari adalah antara tahun 1714 sampai 1720, ketika dia membuat instrumen-instrumen terbaiknya.

Antonio Stradivari meninggal pada 18 Desember 1737 di Cremona, Italy pada usia 93 tahun. Selama hidupnya, dia telah membuat setidaknya 1.116 macam instrument. Diantaranya adalah 100 celo, dua gitar, dan 600 biola. Saat ini, harga dari biola Stradivarius berkisar antara $25.000 sampai di atas $200.000.


posted by FerryHZ at 12:01 AM | Permalink |


0 Comments: