(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Sunday, February 15, 2009
Sejarah logo FireFox, si rubah api

Saat ini browser Firefox makin banyak digunakan oleh pemakai internet. Logo si rubah api pasti sudah dihafal oleh semua pengguna internet. Cerita di balik sejarah logo Firefox menjadi bagian yang menarik dari sejarah Firefox itu sendiri. Artikel di bawah ini tentang perjalanan singkat terciptanya logo si rubah api.

Pada bulan Oktober 2003, seorang designer profesional bernama Steven Garrity menulis pada artikelnya tentang semua hal yang dia nilai salah mengenai visualisasi logo Mozilla. Artikelnya mendapatkan perhatian yang luar biasa saat itu.

Tidak lama setelah itu, Garrity diundang oleh yayasan Mozilla untuk mengepalai tim pengembangan visualisasi Firefox yang bertugas membuat logo baru yang lebih mencerminkan Firefox.

Hasil kerjanya yang pertama digunakan sebagi logo pada Firefox 0.8 yang diluncurkan pada bulan Feruari 2004. Ikon baru di desain oleh silverorange, group pengembang web yang telah lama bekerjasama dengan Firefox. Rendering akhir logo ini di kerjakan oleh Jon Hicks. Logo ini kemudian direvisi ulang dan mengalami perbaikan pada beberapa kesalahan terutama ketika logo di besarkan.

Binatang yang tampil pada logo masih menyerupai rubah, meskipun nama "firefox" lebih mengacu pada nama umum untuk panda merah. Menurut Hicks, ikon panda tidak terlalu dikenal secara luas.

Dari sketsa sampai hasil akhir


Sketsa di sebelah kiri dibuat oleh Stephen DesRoches . Konsep dasarnya dibuat oleh Stephen DesRoches, Daniel Burka, dan Steven Garrity dengan masukan dari seniman dari seluruh penjuru dunia.

Pada bulan Desember 2003, Stephen, Daniel, and Steven Garrity saling melempar ide untuk logo Firefox dan mulai membuat sketsa pada white board.

Stephen DesRocheskemudian mengambil konsep tersebut dan menggambar dengan pensil seperti gambar di sebelah kiri. Kami kemudian men-scan dan mengirimkannya pada seniman lain yang bekerjasama dengan kami. Hanya dalam waktu 3 jam, Jon Hicks, seorang ilustrator dan desainer dari Inggris meresponnya dengan merender konsep kami menggunakan Macromedia Fireworks. Konsep ini kemudian kami perbaiki dan akhirnya menjadi logo Firefox yang di gunakan saat ini.

Dari berbagai sumber.


posted by FerryHZ at 9:50 AM | Permalink |


0 Comments: