(function() { (function(){function c(a){this.t={};this.tick=function(a,c,b){var d=void 0!=b?b:(new Date).getTime();this.t[a]=[d,c];if(void 0==b)try{window.console.timeStamp("CSI/"+a)}catch(l){}};this.tick("start",null,a)}var a,e;window.performance&&(e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart);var h=0=b&&(window.jstiming.srt=e-b)}if(a){var d=window.jstiming.load;0=b&&(d.tick("_wtsrt",void 0,b),d.tick("wtsrt_","_wtsrt", e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=c&&window.jstiming.load.tick("aft")};var f=!1;function g(){f||(f=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",g,!1):window.attachEvent("onscroll",g); })();

Friday, February 6, 2009
Sekelumit kisah di balik penemuan-penemuan


Kemudahan hidup yang kita rasakan saat ini tidak terlepas dari kerja keras dan penemuan-penemuan yang seringkali kita abaikan. Catatan kecil di bawah ini adalah peristiwa-peristiwa kecil yang mengiringi beberapa penemuan penting. Sekedar pengingat dan teman menikmati akhir pekan.:-)


=================


- Pada tahun 1894, Lord Kelvin memprediksi bahwa radio tidak memiliki masa depan. Dia juga memprediksikan bahwa mesin yang bisa terbang tidak mungkin di ciptakan.

- Kata "sneaker" yang mengarah ke sepatu karet di gunakan pertama kali atas ide Henry McKinney, agen advertising untuk perusahaan N.W. Ayer & Son.

- Charles Macintosh menemukan jas hujan pada tahun 1823.

- Ban dengan isi udara digunakan pertama kali pada sepeda, sebelum digunakan pada kendaraan bermotor.

- Paperclip di temukan oleh seorang Norwegia bernama Johann Vaaler.

- Pembuka kaleng ditemukan 48 tahun setelah kaleng diperkenalkan.

- Traffic lights pertamakali digunakan sebelum munculnya sepeda motor.

- Fiber optic ditemukan pada tahun 1966 oleh dua ilmuwan Inggris bernama Charles Kao dan George Hockham yang bekerja untuk perusahaan Inggris Standard Telecommunication.

- Neon sign yang pertama dibuat pada tahun 1923 untuk dealer-dealer Packard.

- Mesin fax dipatenkan pada tahun 1843.

- Permainan Monopoly ditemukan oleh Charles Darrow pada tahun 1933. Dia kemudian menjual hak ciptanya pada George Parker pada tahun 1935. Lalu pada usia 58, Parker menemukan lebih dari 100 permainan.

- Satu jam sebelum Alexander Graham mendaftarkan hak paten untuk penemuan telephon pada tahun 1876, Elisha Gray mempatenkan design telephonnya. Setelah pertikaian selama satu tahun, hak paten jatuh pada Bell.

- Leonardo da Vinci tidak pernah mempraktekkan penemuan-penemuan yang dia desain.

- Thomas Edison memiliki hak paten sebanyak 1.093 termasuk bola lampu, rel listrik dan kamera film. Ketika meninggal pada tahun 1931, dia memegang 34 paten untuk telepon, 141 untuk battery, 150 untuk telegraph dan 389 patent untuk lampu listrik dan tenaganya.

- Count Alessandro Volta menemukan battery pertama pada abad ke 18.

- Selama era 1860-an, George Leclanche mengembangkan sel battery kering yang menjadi dasar bagi battery modern.

- Pada tahun 1894 Thomas Edison dan W K L Dickson memperkenalkan camera film untuk pertama kalinya.

- Surat elektronik pertama yang kemudian di kenal sebagai email, dikirimkan tahun 1972 oleh Ray Tomlinson. Dia juga yang memiliki ide menggunakan simbol @ untuk memisahkan nama pengguna dari nama komputer.


Dari berbagai sumber.
Image dari sini


posted by FerryHZ at 10:19 PM | Permalink |


0 Comments: