(function() { (function(){function b(g){this.t={};this.tick=function(h,m,f){var n=void 0!=f?f:(new Date).getTime();this.t[h]=[n,m];if(void 0==f)try{window.console.timeStamp("CSI/"+h)}catch(q){}};this.getStartTickTime=function(){return this.t.start[0]};this.tick("start",null,g)}var a;if(window.performance)var e=(a=window.performance.timing)&&a.responseStart;var p=0=c&&(window.jstiming.srt=e-c)}if(a){var d=window.jstiming.load; 0=c&&(d.tick("_wtsrt",void 0,c),d.tick("wtsrt_","_wtsrt",e),d.tick("tbsd_","wtsrt_"))}try{a=null,window.chrome&&window.chrome.csi&&(a=Math.floor(window.chrome.csi().pageT),d&&0=b&&window.jstiming.load.tick("aft")};var k=!1;function l(){k||(k=!0,window.jstiming.load.tick("firstScrollTime"))}window.addEventListener?window.addEventListener("scroll",l,!1):window.attachEvent("onscroll",l); })();

Wednesday, December 24, 2008
Sejarah singkat Komik

Merujuk pada pendapat para ahli, awal mula dari komiki odern berawal dari karya-karya-karya satir dan kritik milik seniman semacam Rudolph Töpffer, Wilhelm Bush, Christophe, atau Angelo Agostini (seniman komik asal Brazil yang pertama).

Rudolph Töpffer – Kelahiran novel grafis

Pada tahun 1827, seorang warga Swiss bernama Rudolphe Töpffer membuat cerita dengan rangkaian gambar dan melanjutkan dengan menerbitkan tujuh novel grafis.

Tahun 1837, "The Adventures of Obadiah Oldbuck" di terbitkan oleh Rudolphe Töpffer dan kemudian tercatat sebagai buku komik yang pertama.

Tahun 1842, "The Adventures of Obadiah Oldbuck" menjadi buku komik pertama yang diterbitkan di Amerika.

"Obadiah Oldbuck" terdiri dari empatpuluh halaman. Setiap halamannya terdiri dari beberapa panel gambar dengan teks yang ditulis di bawahnya.

Wilhelm Bush

Tahun 1859, seorang penulis puisi dan seniman asal Jerman, Wilhelm Bush menerbitkan karikatur pada koran Fliegende Blätter.

Pada tahun 1865, dia menerbitkan komik yang kemudian mejadi terkenal berjudul "Max und Moritz".

Yellow Kid

Pada tahun 1895, komik dengan judul "Yellow Kid" diciptakan oleh Richard Outcault dan lebih di hargai sebagai karya komik yang pertama. Alasannya adalah karena Richard Outcault menambahkan balon bicara pada karakternya sebagai penanda percakapan.

Tampilan komik "Yellow Kid"


Sumber dari sini



posted by FerryHZ at 9:30 AM | Permalink |


0 Comments: